Tuesday, July 26, 2016

Pembukaan Jamnas, Presiden Akan Berikan Penghargaan Ketua Pramuka Filipina dan Thailand

Jakarta, Satu hari sebelum pembukaan Jambore Nasional 14 Agustus 2016, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akan mengadakan pertemuan Asean Scout Association for Regional Cooperation (ASARC) 13 Agustus 2016. ‎ ‎

ASARC adalah asosiasi pramuka se Asia Tenggara untuk kerja sama regional yang dibentuk oleh almarhum Ketua Kwarnas Kak Azrul Azwar ‎pada tahun 2007. Pertemuan akan diadakan di BBPK Cilandak (Balai Besar Pelatihan Kesehatan) Jl Wijaya Kusuma No. 45‎ Jakarta Selatan.
“Pertemuan itu dibuat satu hari sebelum Jamnas supaya mereka bisa hadir besoknya (pembukaan Jamnas),” ujar Andalan Nasional Kwarnas Urusan Hubungan Luar Negeri Kak Brata Tryana Hardjosubroto, saat dihubungi Selasa (26/7/2016).
Kak Brata mengungkapkan, rencananya pada saat pembukaan Jamnas Presiden Joko Widodo akan memberikan penghargaan Melati kepada dua Kwarnas Filipina dan Thailand. ‎Mereka dinilai banyak memberikan jasa untuk gerakan pramuka dalam meningkatkan persahabatan pramuka Asia Tenggara.
Pemberian penghargaan itu juga dalam rangka memperingati hari jadi Pramuka 14 Agustus yang kini sudah berusia 55 tahun. ‎
“Sampai detik ini kita dengar ada dua yaitu, Ka Kwarnas Filipina dan Wakil Ketua Bidang Luar Negeri-nya Pramuka dari Thailand. Saya dengar akan ada satu lagi, tapi saya belum terima kabar pastinya,” ungkapnya.
Dari sepuluh negara anggota ASEAN memang tidak semua diberikan penghargaan. Menurutnya, hanya orang-orang tertentu yang dinilai sudah terbukti punya dedikasi dan loyalitas ‎yang kuat untuk membangun pramuka bukan hanya di negaranya tapi juga di tingkat ASEAN.
Adapun, pertemuan ASARC kata Kak Brata secara khusus akan membahas mengenai strategi pengembangan pramuka di ASEAN. Termasuk pembahasan kegiatan pramuka dalam waktu dekat ini. “Yang dibahas aspek-aspek rutin, gimana kegiatan kita karena September akan ada Jambore ASEAN di Malaysia,” jelasnya.
Diketahui, Jamnas yang akan diselenggarakan di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur 14-21 Agustus akan dihadiri 25 ribu peserta pramuka penggalang. 225 peserta luar negeri dari enam negara juga akan ikut dalam kegiatan ini. ‎(HA / Humas Kwarnas)‎

No comments:

Post a Comment