Thursday, July 21, 2016

Di Pramuka Diajarkan Mengoprasikan Pesawat Terbang

Jakarta, Ratusan pramuka penggalang diperbolehkan memasuki area Lapangan Terbang Cibubur (Laptera). Mereka tidak hanya bermain, tapi juga di beritahu bagaimana cara mengoprasikan pesawat terbang dengan baik.

Kegiatan teknologi sendi budaya ini adalah bagian dari rangkaian simulasi Jamnas yang diadakan di Cibubur 19-23 Juli 2016. Para pramuka penggalang ini diberikan kesempatan lebih dulu untuk mengetahui apa itu dasar-dasar teknologi pesawat terbang.

“Intinya, kita ini kan generasi muda, generasi anak bangsa mereka paling tidak sedikit tahu mengenai dasar-dasar kedirgantaraan apa itu pesawat, apa itu aero modeling. Sehingga dasarnya mereka paling tidak tahu. Karena sekarang kan zamannya teknologi,” ujar Kak Aminudin panitia Kegiatan Teknologi Seni Budaya, Rabu (‎20/7/2016).

‎Teknologi Seni Budaya, ini dikelompokkan menjadi empat regu, pertama, teknologi aero modeling, kedua, teknologi helikopter, ketiga, pengetahuan dasar kedirgantaraan, dan keempat kepramukaan. “Semua peserta dari empat regu itu nanti diroling, supaya tahu semuanya tentang Teknologi Seni Budaya di Laptera,” tuturnya.

Kak Amin menjelaskan, semua peserta awalnya diberi pemahaman secara teori tentang dasar-dasar teknologi pesawat terbang melalui miniatur pesawat yang sudah disiapkan oleh panitia. Setelah mereka tahu, mereka bisa melihat praktik bagaimana pesawat itu terbang. ‎

‎”Jadi setelah mereka tahu teorinya mereka langsung tahu praktiknya melihat pesawat seperti itu di saat lending,” terangnya.

Pengetahuan seperti ini masuk dalam kategori Satuan Karya Pramuka Dirgantara yang akan dipraktikkan pada saat Jamnas berlangsung 14-21 Agustus mendatang. “Dan kebetulan pusat Saka Dirgantara di Jakarta ada di sini, di Cibubur,” jelasnya. (HA / Humas Kwarnas).

No comments:

Post a Comment